-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Komponen dalam Membuat Energi Matahari Menjadi Energi Listrik

Rabu, 04 November 2020 | 19.46 WIB | 0 Views Last Updated 2020-11-04T11:46:38Z

Surya panel adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh masyarakat saat ini. Sebab, permintaan listrik semakin tinggi dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba surya panel. Apa itu surya panel? Surya panel adalah suatu komponen yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Oleh karena itu, tidak jarang saat ini orang-orang banyak sekali mencoba untuk pasang solar panel untuk mewujudkan hal tersebut.

Pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan pemakaian energi terbarukan, salah satunya adalah solar panel. Terlebih, meningkatnya pemakaian tenaga surya dikarenakan energi listrik dan sinar matahari juga tidak memiliki dampak negatif terhadap lingkungan karena tidak menghasilkan efek rumah kaca, serta tidak mencemari udara dan air. Energi listrik dari tenaga surya juga bisa menjadi sumber energi listrik cadangan yang bemanfaat saat aliran listrik utama padam.

Nah, kira-kira apa sih komponen yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi listrik dari sebuah solar sistem?

Di bawah ini ada beberapa komponen yang perlu kamu ketahui:

1. Photovoltaic modul
Photovoltaic Modul atau modul surya merupakan perangkat semikonduktor dan mengubah energi matahari menjadi energi listrik. 

Ada dua jenis photovoltaic modul yang umum digunakan yakni monokristalin dan polikristalin. Keduanya, memiliki efisiensi konversi rata-rata sekitar 10-12%. 

Selain itu, ada pula Hybrid Silicon PV Modul dengan sensitivitas yang lebih baik dan memiliki efisiensi konversi paling tinggi sekitar 16%. Dalam memilih panel surya, pilihlah yang berkualitas agar lebih tahan lama dan menghasilkan konversi yang optimal.

2. Battery
Saat malam hari atau cuaca sedang tidak cerah, photovoltaic modul tidak akan mendapatkan cahaya matahari dan membuat energi listrik tidak bisa dihasilkan. Battery menjadi salah satu solusi yang tepat supaya aliran listrik bisa disimpan dan dialirkan lagi ketika sedang dibutuhkan.

Nah, agar pemasangan solar panel bisa memenuhi kebutuhan industri, sebaiknya kamu harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan perusahaan yang berpengalaman, seperti Sewatama.

Sewatama menjadi perusahaan yang tepat karena menyediakan segala hal yang kamu perlukan untuk kelistrikan. 

×
Berita Terbaru Update