-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Membuat Cilung Keju Saus Kacang

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 19.30 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-09T11:30:13Z

Saat sekolah salah satu kenangan yang paling gampang diingat adalah jajanan atau makanan khas yang kita makan. Mulai dari cireng, batagor, cimol, telur gulung, dan masih banyak lagi. Rasanya yang enak dan harganya yang murah membuat kita ketagihan untuk memakannya. Salah satu makanan lezat yang kerap dijual adalah cilung atau namanya aci digulung. Berbahan dasar tepung aci dan telur dan bentuk yang berlapis-lapis menciptakan sensasi tersendiri saat memakannya. Belum ditambah saus dan balutan serundeng atau berbagai macam toping. Gurih, kenyal, dan lezat identing dengan jajanan yang satu ini.



Saat pandemi seperti ini, sekolah sekolah mengadakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Hal ini berdampak banyaknya pedagang yang tutup dan tidak berjualan dan tentu saja salah satunya penjual cilung. Untuk teman-teman yang susah menemui penjual cilung dan udah ngebet ingin memakannya kalian bisa buat sendiri kok. Kali ini kita nggak akan buat cilung yang biasa, kita buat cilung keju saus kacang. Gimana udah nggak sabar, yuk simak cara membuat cilung keju saus kacang.


  1. Buat saus kacangnya terlebih dahulu

Jika banyak yang tidak cocok dengan rasa produk-produk saus kacang yang beredar, kalian bisa buat sendiri kok. Caranya cukup mudah siapkan 1 sendok makan selai kacang, 1 sendok tepung aci, 3 saus sambal botolan (sesuai dengan rasa saus kesayangan kalian), 1 sendok makan gula pasir, dan 1 sendok saus tomat. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam panci tambahkan air matang secukupnya, masak dengan api sedang. Pastikan aduk terus ya teman-teman hingga saus mengental, saus sudah siap disajikan.

  1. Siapkan adonan tepung untuk kulit

Pastikan untuk menggunakan tepung aci, alternatif lain yang bisa kalian pakai jika ingin ekstra kenyal gunakan tepung sagu. Takaran yang pas untuk membuatnya adalah 100 gram tepung aci per 185 ml air. Kalian bisa membuat perbandingannya sendiri ya jika ingin membuat lebih banyak atau sedikit. Jangan lupa untuk menambahkan rasa tambahkan kaldu bubuk dan garam sesuai selera.

  1. Siapkan adonan telur untuk isian

Untuk isian kalian bisa menggunakan telur puyuh atau telur ayam, kali ini kita buat versi telur ayam saja ya. Siapkan dua butir telur ayam kemudian kocok lepas, jangan lupa untuk menambahkan garam ya agar ada rasanya.

  1. Siapkan alat masaknya dan keju

Kalian wajib menggunakan wajan anti lengket atau teflon untuk membuat cilung. Dengan menggunakan teflon kalian akan dimudahkan saat menggulungnya karena aci tergolong lengket ketika digoreng. Siapkan juga tusuk sate dan keju cheddar yang sudah diparut ya, teman-teman bisa menggunakan keju cheddar kesukaan kalian.

  1. Tuangkan adonan dengan perlahan jangan lupa tambah keju ya

Pertama-tama panaskan wajan anti lengket terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak atau mentega. Tuangkan adonan isian telur di tengah wajan yang sudah panas, dilanjutkan dengan menuang adonan kulit tepung aci di pinggir untuk menutupi isian telur. Lanjutkan dengan menabur keju parut diatas adonan.

  1. Gulung dengan perlahan

Setelah dipastikan adonan matang dengan ciri sudah mengering dan berubah warna, siapkan tusuk sate. Posisikan tusuk sate pada pinggir adonan kemudian gulung secara perlahan. Tidak perlu takut gagal, dengan menggunakan wajan anti lengket pasti mudah kok.

  1. Guyur dengan saus kacang

Setelah selesai digulung, siapkan saus kacang. Kemudian guyur atau celup, cilung keju saus kacang siap dihidangkan.


Itulah cara membuat cilung keju saus kacang. Sangat enak sekali dan sangat mudah dibuat sendiri.


×
Berita Terbaru Update