-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Payment Gateway, Efektif sebagai Metode Pembayaran untuk Bisnis Online

Jumat, 28 Mei 2021 | 11.47 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-04T03:49:05Z

 

Ketika mengembangkan bisnis online, ada hal yang paling utama harus dipikirkan, yakni proses pembayarannya. Hal ini sangat penting untuk memberikan kemudahan akan proses pembayarannya sehingga para pelanggan makin senang untuk berbelanja di toko online yang Anda kembangkan. 

Salah satu upaya untuk memudahkan proses pembayaran dari bisnis online Anda, yakni dengan menggunakan payment gateway. Proses pembayaran dengan metode ini sangatlah mudah dan efisien. Anda ingin menggunakannya? Berikut ini diulas untuk proses penggunaannya untuk kelancaran bisnis online Anda. 

Di sini akan dibahas mengenai payment gateway yang cukup detil. Langsung saja, kita simak bagaimana mekanisme dari penggunaan payment gateway ini untuk bisnis online. Langsung saja Anda simak dan pelajari dengan baik untuk memproses metode pembayaran yang akan digunakan untuk bisnis online Anda. 

Baca: Hemat Waktu Mengelola Bisnis dengan Payment Gateway

Hal ini memang sangat vital sekali untuk menghubungkan pembeli dan penjual ketika melakukan transaksi online. Anda tak perlu risau, karena cara kerja dari payment gateway ini sangat sederhana. Langsung saja simak ulasannya. 

  1. Konsumen yang bertransaksi di toko online diawali dengan memilih produk yang ditawarkan. Selanjutnya, akan menentukan metode pembayaran hingga proses checkout. 

  2. Toko online kemudian akan mengirim data pembelian dari konsumen kepada penyedia layanan payment gateway. Ketika konsumen selesai melakukan pembayaran, maka transaksi akan dilanjutkan ke bank atau lembaga keuangan yang terkait. 

  3. Bank atau lembaga keuangan kemudian akan memproses transaksi. Jika ada transaksi yang ditolak, maka terjadi kesalahan pembayaran atau data yang salah. 

  4. Penyedia payment gateway kemudian mengirimkan pesan kepada toko online mengenai berhasil tidaknya transaksi. 

  5. Bank menerima pembayaran dari transaksi konsumen kemudian meneruskan pembayarannya ke toko online. 

Meski lewat beberapa langkah seperti di atas, sesungguhnya proses tersebut hanya berlangsung dalam hitungan detik saja.

Payment gateway ini sangat memungkinkan bagi pelaku bisnis untuk memberikan metode pembayaran online yang beragam. Hal ini tentu sangat memudahkan konsumen maupun pelanggan ketika berbelanja di toko online. Karena, pelanggan bisa mendapatkan banyak pilihan untuk melakukan pembayarannya yang sesuai dengan keinginannya.  


×
Berita Terbaru Update