Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nasihat untuk Para Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

Senin, 16 September 2019 | 06.06 WIB | 0 Views Last Updated 2019-09-15T22:06:05Z

Para fresh graduate atau mahasiswa yang baru saja lulus kuliah jangan berbangga diri dulu sebelum memiliki kerja. Meskipun kamu bisa berbisnis dan membuka usaha dengan modal pinjaman dana, ada baiknya juga belajar bagaimana cara mengembangkan sebuah perusahaan.

Nah, ada beberapa pesan atau nasihat karier bagi para lulusan baru agar bisa lebih mudah mendapatkan pengalaman dari perusahaan bergengsi yang selama ini menjadi idaman setiap orang.  

1. Jangan Bangga dengan IPK
IPK tinggi saat ini bukan lagi patokan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Bahkan perusahaan sekelas Google saja tidak melihat karyawannya dari latar belakang pendidikan melainkan keterampilan.

Kerap kali kebutuhan dunia kerja tidak sama dengan apa yang dipelajari di bangku kuliah. Oleh karena itu, jangan membusungkan dada jika kamu memiliki IPK tinggi meski dari PTN sekalipun. Karena belum tentu perusahaan tertarik untuk merekrut kamu berdasarkan IPK semata.

2. Boleh Mematok Gaji Tinggi, Asalkan...
Kasus postingan instagram stories seorang fresh graduate asal kampus ternama di Indonesia tempo lalu memang mengejutkan sekaligus membuka mata kita semua tentang gaji yang layak bagi seorang lulusan baru.

Jika kamu memiliki keterampilan yang tidak dimiliki oleh banyak orang, boleh saja mematok gaji yang tinggi. Tetapi, jika kamu tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan, rasanya tidak ada alasan untuk meminta gaji di atas standar pasaran.

Gaji seorang pekerja atau karyawan umumnya didasarkan pada besaran UMP atau UMR daerahnya masing-masing. Itulah yang menjadi salah satu tolak ukur untuk mendapatkan gaji standar.

3. Fokus untuk Meningkatkan Pengalaman
Pesan orang tua dulu mungkin ada benarnya. Jika kamu baru lulus kuliah, jangan hanya terfokus pada gaji tinggi. Tetapi, paling penting adalah berusaha beradaptasi terlebih dulu dalam dunia kerja dan membuktikan bahwa kamu memang memiliki keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja.

Saat ini bukan mustahil seorang sarjana tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Oleh karena itu, jika kamu ingin meningkatkan keterampilan serta networking, sebaiknya fokus dulu untuk meningkatkan pengalaman sembari meniti karier dari bawah. 

4. Perbaiki Cara Berkomunikasi Terutama Saat Melamar
Beberapa perusahaan kerap mengeluhkan cara fresh graduate dalam berkomunikasi terutama dalam mengirimkan lamaran. Meski sudah dimudahkan dengan adanya surat elektronik, tetapi kerap kali surat yang dikirimkan tidak memenuhi standar kepatutan.

Beberapa contoh kasus terjadi, ada beberapa pelamar yang mengirimkan surat elektronik tanpa isi teks yang jelas dan hanya melampirkan CV. Cara seperti ini jelas kurang tepat dalam dunia kerja. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari bagaimana cara berkomunikasi secara formal baik melalui surat elektronik maupun pesan singkat kepada perusahaan.

5. Jika Sudah Kerja, Jangan Terlena dengan Gaya Hidup Sesama
Inilah yang kerap kali terjadi saat mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang mapan. Sekali lagi jangan pernah puas dengan gaji tinggi. Kamu bisa belajar dari perusahaan ke perusahaan lainnya dengan memberikan dampak yang lebih besar. 

Setelah itulah barulah kamu bisa memformulasikan tujuan hidup apakah ingin sepenuhnya berkarier di dunia kerja atau malah membuka lapangan kerja dengan menjadi pengusaha.

Saat ini banyak peluang usaha yang bisa kamu jalani mulai dari bisnis membuka gerai minuman, makanan, hingga layanan jasa yang makin memudahkan kehidupan orang lain

Dengan pinjaman dana yang cukup, kamu sudah bisa membuka usaha kecil-kecilan di rumah atau patungan dengan partner bisnis kamu lainnya.

Soal modal usaha, bisa kamu dapatkan dengan mudah dan instan dari penyedia pinjaman dana online Kredivo. Kredivo adalah salah satu fintech yang terdaftar di OJK yang memberikan kemudahan pinjaman baik untuk usaha maupun untuk kebutuhan lainnya.  

Pinjaman dana dari Kredivo bunganya rendah hanya 2.95% saja per bulan dengan pilihan tenor mulai dari 30 hari, 3 dan 6 bulan. Pinjaman ini tidak memerlukan agunan atau jaminan sehingga konsekuensinya dikenai biaya admin satu kali saja di awal sebesar 6% dari total pinjaman. 

Syarat untuk menjadi member Kredivo pun sangat mudah. Berusia 18 tahun, punya penghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Kredivo bisa memberikan kredit limit yang cukup untuk modal usaha hingga Rp30 juta. Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan modal jika rencana bisnis kamu sudah tinggal dieksekusi saja. 

×
Berita Terbaru Update