-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Beragam Baju Muslim Batik Berdasarkan Jenis Batiknya

Minggu, 30 September 2018 | 07.44 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-22T05:47:13Z


Baju muslim batik sekarang menjadi trend masa kini. Selain bisa melestarikan budaya bangsa, mengenakannya menampilkan gaya yang elegan, sopan dan menarik pastinya. Batik juga bisa dipakai untuk acara-acara santai maupun untuk acara resmi. Memakai batik juga akan menambah rasa percaya diri anda saat mengikuti berbagai acara. Apalagi saat ini sudah banyak pilihan model baju muslim batik yang bisa disesuaikan dengan berbagai acara.

Beragam Baju Muslim Batik
Seiring berkembangnya waktu, banyak desainer-desainer yang merancang baju muslim dengan model yang apik mengikuti perkembangan jaman sekarang. Sehingga, baik itu wanita muslim maupun pria muslim, bisa mengenakan baju muslim batik yang elegan dan menarik serta tidak kelihatan ketinggalan jaman. Semakin berkembangnya teknologi, jenis batik juga beragam, tidak hanya batik tulis yang dibuat secara manual, melainkan juga ada batik cap dan printing.

Batik Tulis
Batik tulis merupakan jenis batik yang proses membatiknya dikerjakan dengan peralatan manual. Dalam proses ini membutuhkan peralatan khusus yakni canting, lilin malam dan pewarna. Dibuat dengan tingkat ketelitian tinggi, satu persatu dan teknik khusus. Sehingga hasilnya tampak lebih menawan. Antara ornamen yang satu dengan lainnya kalau dilihat lebih detail kelihatan berbeda, karena pembuatannya memang di ukir secara manual. Namun, bentuk isen-isen atau pola batiknya rapat, lebih rapi dan tidak kaku. Nilai seninya lebih tinggi dibandingkan jenis batik lainnya, proses pembuatannya pun memakan waktu lebih panjang. Memilih baju muslim batik tulis, memberikan kesan bahwa anda adalah pecinta seni.

Batik Cap
Sementara batik cap, dibuat dengan alat stempel atau cap yang sudah memiliki pola batik. Langkah kerjanya, stempel itu dicelupkan dalam wadah yang berisi lilin panas, lalu ditekat atau dicapkan ke kain yang akan dibatik. Prosesnya lebih cepat dibandingkan batik tulis karena tidak harus melukis satu persatu polanya. Cukup mengecapkan stempel sekali, maka pembuatan pola sudah selesai. Karena itu juga bentuk ornamen yang satu dengan lainnya sama persis. Akan tetapi, isen-isennya tidak rapi, tergadang renggang dan mungkin sedikit kaku. Sebab, jika isen-isennya rapat akan membleber dan hasilnya jelek. Kalau memilih kain batik cap untuk baju muslim batik anda, harganya akan lebih murah daripada batik tulis.

Batik printing
Kalau berbicara tentang batik printing, bisa dibilang jenis batik ini paling mudah dibuat. Sebab, tidak perlu satu persatu membuat atau menempelkan polanya. Cukup menggunakan alat printing atau sablon, lalu proses batik bisa selesai dengan cepat. Proses pewarnaannya pun langsung diaplikasikan pada mesin printing. Tidak perlu mengadoni sendiri seperti batik cap dan tulis. Prosesnya lebih cepat dibandingkan dengan batik tulis dan cap.

Kelebihan batik printing adalah harganya lebih murah, semua ornamennya bisa sama persis sesuai desain batik yang ditiru. Warnanya juga lebih banyak pilihan. Akan tetapi, biasanya pembatikkan tidak tembus atau satu muka saja. Memilih kain batik printing untuk baju muslim batik anda dapat memberikan kesan berbeda. Karena warnanya bisa lebih cerah, polanya juga rapi dan sama persis.

Namun, semua itu tergantung anda dalam memandang jenis kain batik. Kalau menginginkan nilai seni tinggi, tentu batik tulis, tapi kalau ingin murah pilih saja batik cap atau printing. Temukan jenis kain mana yang cocok untuk membuat baju muslim batik anda. Semua bisa anda temukan di blibli.com. Ada banyak pilihan baik berdasarkan warna, proses pembuatan maupun model-model baju muslim batik.

×
Berita Terbaru Update