Latest News

Jumat, 09 Maret 2018

Intip Perbedaan Warna Buah dan Sayur Berikut Ini


Walau harus bekerja siang malam di atas kursi direktur, tentu Anda tidak boleh melewatkan asupan yang bergizi dari sayur untuk menunjang performa sehari-hari. Sibuk bekerja memang nomer satu, tetapi makan sayur dan buah juga harus diutamakan.

Nah, tahukah Anda bahwa ternyata warna dari buah dan sayuran memiliki manfaat unik yang berbeda-beda? Jadi ketika Anda mengonsumsi brokoli yang hijau, akan berbeda manfaat yang didapat ketika mengonsumsi wortel yang berwarna oranye. 

Aneka warna dalam buah dan sayur memiliki manfaatnya masing-masing. Semakin beragam variasi warnanya, semakin banyak pula asupan fitokimia dalam menu makanan Anda. Aneka warna tersebut juga dapat menarik minat orang untuk mengonsumsi. Hal ini penting bagi para ibu yang menghadapi anak susah makan, ahli gizi untuk rumah sakit, dan juga pelaku bisnis catering agar makanannya menarik minat makan. 

Nah, ingin tahu seperti apa saja manfaat sayur dan buah tersebut? Simak ulasan berikut.

Warna hijau
Sayuran berklorofil sangat baik untuk sistem peredaran darah karena memiliki kandungan mineral dan vitamin B kompleks. Ada beberapa jenis fitokimia dalam sayuran hijau yang berfungsi mencegah sel kanker masuk ke dalam tubuh. Contoh sayuran hijau adalah selada, kale, brokoli, bayam, dan kangkung.

Warna kuning
Makanan yang berwarna kuning mengandung antioksidan dan juga vitamin C yang tinggi. Selain itu, makanan berwarna kuning ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan selaput lender, jaringan ikat dan mencegah penyakit jantung. Anda dapat mengonsumsi lemon, nanas, paprika kuning, dan peach.

Warna oranye
Sayur dan buah yang berwarna oranye memiliki karotenoid yang dapat memperbaiki DNA pencegah kanker. Tak hanya itu, makanan berwarna oranye ini juga dapat membantu tubuh mendapatkan vitamin A. makanan yang termasuk ke dalam warna oranye adalah ubi jalar, wortel, labu parang, jeruk, dan apricot.

Warna merah
Dengan kandungan fitokimia yang tinggi, sayur dan buah berwarna merah berguna untuk mengurangi dampak kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Lycopene yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk mencegah masalah prostat serta mengurangi efek kerusakan kulit akibat sinat UV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us