Latest News

Jumat, 24 November 2017

Tips Mendesain Dapur Minimalis yang Efisien & Efektif

Dapur Minimalis
Dapur Minimalis
Ruangan dapur merupakan bagian ruangan yang penting khususnya bagi ibu rumah tangga untuk menjalankan aktivitas memasak. Masalah yang sering muncul ketika rumah memiliki ukuran mungil adalah ukuran ruangan dapur yang terbilang cukup sempit. Namun, sempitnya ruangan dapur bisa diakali dengan penataan tata letak perabotan yang baik dan benar. 

Bagi Anda yang memiliki luas dapur yang sempit atau kecil, tidak perlu khawatir. Dengan konsep tata ruang dan desain dapur yang modern, Anda dapat memaksimalkan ruangan dapur menjadi efisien dan efektif. Konsep desain dapur minimalis yang baik, mampu menghasilkan ruangan sempit namun terkesan luas dan mengagumkan. 

Inilah beberapa tips dalam mendesain ruangan dapur minimalis Anda agar efisien dan efektif dalam penggunaannya. Yuk, langsung saja simak informasi dibawah ini! 

Memanfaatkan tinggi ruangan
Pada ruangan dapur yang memiliki area horizontal terbatas, Anda harus mampu memaksimalkan tinggi atau langit-langit dapur tersebut. Anda bisa memasang lemari cabinet hingga mendekati langit-langit. Tujuannya tentu agar dapat menampung perabotan memasak dalam jumlah lebih banyak. Anda juga bisa mengatur letak lemari cabinet tersebut sesuai dengan tinggi badan Anda. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menjangkaunya dengan mudah. 

Memanfaatkan dinding yang kosong
Apabila pada ruangan dapur ada sisi dinding yang tidak terpakai atau kosong. Gunakan dinding tersebut dengan memberi dekorasi hiasan atau menggantung perabotan memasak yang sering digunakan. Selain itu, Anda juga bisa memberi tambahan lemari cabinet lainnya untuk perlengkapan bumbu-bumbu dapur atau peralatan memasak. Dengan memanfaatkan dinding yang tidak terpakai, tentu Anda akan memiliki ruang gerak lebih dalam ruangan dapur tersebut. 

Menggunakan konsep desain dapur terbuka
Tak sedikit masyarakat Indonesia yang saat ini menggunakan konsep desain dapur terbuka ini. Pada umumnya, desain ruang dapur terbuka ini menyatukan ruang dapur dengan ruangan lainnya seperti ruang makan. Hal tersebut bertujuan supaya area dapur terlihat lebih luas. Selain itu, konsep desain dapur terbuka ini memungkinkan kemudahan dalam beraktivitas di area tersebut. Dengan menggunakan konsep desain dapur terbuka ini, Anda bisa melakukan dua aktivitas yang berbeda sekaligus. 

Gunakan furnitur minimalis
Furnitur minimalis merupakan pilihan yang tepat untuk ukuran dapur yang mungil dan sempit. Dengan desain furnitur yang minim dan ramping, tentu akan membuat aktivitas memasak Anda berjalan lancar dan tidak terganggu. Sebaiknya memilih ukuran furnitur harus disesuaikan dengan kebutuhan dan luas ruangan dapur Anda. Dengan memanfaatkan furnitur minimalis dirasa tidak akan memakan tempat pada dapur minimalis Anda. 

Memilih warna cerah untuk dapur 
Memilih warna cat pada ruangan dapur minimalis sebaiknya harus menyatu dengan konsep agar menimbulkan kesan mewah, bersih dan rapi. Walaupun ukurannya yang mungil Anda tetap bisa menghasilkan dapur yang mengagumkan. Gunakan warna cerah seperti putih, broken white, cream dan warna-warna pastel. Warna cerah tentu akan menghasilkan dapur terkesan bersih. Selain itu, pemilihan warna cat dapur juga harus diseimbangkan dengan warna furnitur serta barang elektronik yang ada didalam dapur Anda. Hal ini bertujuan agar terciptalah ruangan dapur yang terlihat menyatu, luas dan minimalis.

Memilih pencahayaan yang sempurna
Selain furnitur dan warna cat yang mendukung tampilan pada area dapur. Pemilihan lampu yang tepat juga perlu diperhatikan. Pasalnya, dengan memberi pencahayaan yang tepat pada ruangan dapur, maka cahaya yang ditimbulkan akan memberikan efek dapur nampak lebih luas, bersih dan nyaman. Pencahayaan yang sempurna bisa dihasilkan melalui cahaya alami seperti sinar matahari yang masuk melalui jendela. Memang sebaiknya dapur ideal membutuhkan jendela, baik untuk proses masuknya cahaya serta sirkulasi udara di dalamnya. 

Itulah beberapa tips dalam mendesain dapur minimalis yang efisien dan efektif, Anda bisa menerapkan tips tersebut pada ruangan dapur Anda. Selamat mencoba! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us