Latest News

Rabu, 05 April 2017

Mengenal Pesta Adat Erau, Festival Budaya Asli Kalimantan Timur

Apakah anda pernah menonton film Erau Kota Raja? Film yang dibintangi Nadine Chandrawinata dan Denny Sumargo itu merupakan sebuah film yang mengangkat tentang pesta adat Erau. Erau adalah sebuah tradisi budaya Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun dengan pusat kegiatan di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Berbicara tentang Kutai Kartanegara, tak akan lengkap tanpa membahas pesta rakyat tahunan yang berlangsung di dalamnya.

Erau, merupakan salah satu festival budaya tertua di nusantara, tradisi tahunan ini telah berlangsung selama berabad-abad, seiring perjalanan sejarah Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Bisa dikatakan, Erau telah berlangsung sejak masa awal Kesultanan Kutai berdiri. Istilah “erau” berasal dari kata “eroh” yang dalam bahasa Melayu Kutai Tenggarong bermakna keramaian, pesta ria atau secara umum dapat dimaknai sebagai pesta rakyat. 

Bagi anda yang senang berpetualang dan menyukai festival budaya nusantara, anda bisa cari tiket pesawat murah untuk terbang ke Kalimantan Timur. Saat ini, banyak sekali tiket promo yang menawarkan harga terbaik, salah satunya adalah Reservasi.com. Untuk mempermudah pemesanan, Anda bisa melakukan booking pesawat dan pesan hotel secara online. 

Dahulu, Erau merupakan hajatan besar bagi Kesultanan Kutai dan masyarakat di seluruh wilayah kekuasaannya yang kini mencakup sebagian besar wilayah Kalimantan Timur. Pada awalnya, perhelatan ini berlangsung selama 40 hari 40 malam dan diikuti oleh segenap lapisan masyarakat. Dalam perhelatan tersebut, rakyat dari berbagai penjuru negeri berpesta ria dengan mempersembahkan sebagian dari hasil buminya untuk dibawa ke Ibukota Kesultanan. Hal ini berkaitan dengan salah satu fungsi dari festival Erau itu sendiri, yaitu sebagai wujud rasa syukur atas limpahan hasil bumi yang diperoleh rakyat Kutai. Dan dalam setiap festival Erau, keluarga besar Kesultanan pun menjamu rakyatnya dengan beraneka sajian, sebagai bentuk rasa terima kasih atas pengabdian mereka kepada Kesultanan.
Pesta Adat Erau, Festival Budaya Asli Kalimantan Timur
Festival erau yang kini telah masuk kalender event pariwisata nasional, tidak lagi dikaitkan dengan seni budaya keraton Kutai Kartanegara tetapi lebih bervariasi dengan berbagai    penampilan ragam seni dan budaya yang ada serta hidup dan berkembang di seluruh wilayah kabupaten Kutai Kartanegara.  Dalam festival ini ada banyak kesenian dan olahraga yang ditampilkan antara lain; Menjamu Benua, Merangin Malam, Mendirikan Tiang Ayu, Upacara Penabalan, Pelas (Pagelaran kesenian Keraton Kutai Kartanegara), Seluak Mudik, Mengulur Naga, dan diakhiri Belibur. Selain itu adapula  Kesenian Dayak, seperti; Papaer Maper, Kuangkay, Mumutn, Ngayau, Lemakan Balei, Uman Undad, Pasek Truit, Erau Anak (Penhos), dan Kesenian melayu (Tarsul dan Badendang).

Tahun 2013 menjadi penanda era baru dari pelestarian budaya warisan Kutai Kartanegara. Dan untuk pertama kalinya, Erau disandingkan dengan perhelatan budaya tradisional dari berbagai negara. Dalam perhelatan bernama Erau International Folklore and Art Festival (EIFAF), berbagai kesenian dan tradisi di lingkup Kesultanan Kutai bersanding dengan warisan budaya dunia dari berbagai bangsa di penjuru dunia, diantaranya Festival Folklore Internasional yang didaftar CIOFF (International Councl of Orgnaizations of Folklore Festivals and Folk Arts), sebuah lembaga internasional dibawah koordinasi UNESCO. Para delegasi dari berbagai negara diundang untuk ikut terlibat dalam berbagai ritual adat yang berlangsung selama pelaksanaan Erau. Ajang ini juga sekaligus memperkenalkan peninggalan kearifan lokal masyarakat Kutai kepada dunia.

Saat ini Erau dilangsungkan bertepatan dengan hari jadi Kota Tenggarong, yaitu setiap tanggal 29 September, tetapi, sejak tahun 2010, pelaksanaan festival ini dimajukan menjadi bulan Juli karena menyesuaikan dengan musim liburan, hal ini juga bertujuan agar lebih banyak wisatawan yang datang, dan umumnya berlangsung selama satu pekan di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Mengenal nilai dan budaya nusantara bisa anda dapatkan dari menghadiri festival budaya secara langsung. Selain menambah wawasan, juga bisa menumbuhkan kecintaan kita terhadap budaya dan menambah rasa bangga pada negeri sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us