HEADLINE NEWS

7 Jenis Medical Check Up yang Harus Rutin Dilakukan Sejak Masih Muda


Pentingnya menjaga kesehatan hendaknya sudah disadari sejak masih muda, karena bagaimanapun juga jika sudah terserang penyakit maka tak hanya membutuhkan biaya pengobatan yang mahal saja, melainkan lebih dari itu juga berhubungan dengan aktivitas Anda. Karena jika seandainya sudah terserang penyakit tentunya akan sangat sulit untuk melakukan berbagai macam rutinitas harian secara normal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan rutin melakukan medical check up.

Istilah yang tentunya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan, karena ia juga dikenal sebagai pemeriksaan medis. Pada dasarnya setiap orang wajib melakukan hal ini secara rutin, dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka, hanya saja dengan alasan biaya check up kesehatan yang mahal atau rasa takut mengetahui jenis penyakit yang diderita, maka banyak orang yang tidak melakukannya. Padahal sebenarnya semakin dini mengetahui resiko penyakit yang diderita, maka nantinya dapat dicegah atau dilakukan pengobatan sehingga hasilnya juga akan jauh lebih efektif.

Berikut ini diantaranya beberapa hal yang diperiksa dengan melakukan medical check up, yaitu:

  1. Berat badan, BMI yang tidak normal, baik itu terlalu kurus atau sebaliknya terlalu berlebih hingga mengalami obesitas memang dapat memicu berbagai macam resiko penyakit, mulai diantaranya adalah diabetes melitus, mempengaruhi kesehatan jantung dan yang lainnya. itulah mengapa setiap orang harus rutin dalam menimbang berat badan mereka dan juga mendapatkan konsultasi dengan dokter, seperti diantaranya adalah upaya untuk menurunkan berat badan tersebut jika seandainya terlalu berlebih.
  2. Gula darah, mengecek kadar gula yang ada di dalam darah ini nyatanya juga sangat penting, karena gula darah dapat mempengaruhi kinerja dari beberapa organ tubuh yang lainnya. jika seandainya berlebihan maka dapat memicu resiko berbagai macam masalah kesehatan layaknya diabetes melitus, hal ini harus rutin dilakukan, karena perubahannya memang berlangsung secara sangat cepat.
  3. Tekanan darah, menunjukkan bagaimana kesehatan jantung, untuk mereka yang kondisi kesehatannya normal maka tes ini dapat dilakukan antara 1 hingga 2 tahun sekali, namun bagi mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan seperti diantaranya adalah hipotensi atau pun hipertensi, maka harus rutin dalam memeriksakan tekanan darahnya.
  4. Kolesterol, ini adalah lemak jahat yang ada di dalam darah dan sering kali menganggu aliran darah, sehingga jika jumlahnya terlalu berlebih maka bisa memicu masalah kesehatan jantung bahkan juga dapat menjadi penyebab stroke, untuk itu harus rutin diperiksa jumlahnya. Tes ini bisa mulai dilakukan oleh mereka yang sudah menginjak usia 20 tahun, semakin bertambahnya usia maka harus mulai sering dilakukan.
  5. Kesehatan jantung, karena jantung termasuk organ yang sangat vital di dalam tubuh, maka kondisi kesehatannya juga harus selalu dipantau, tes yang dilakukan sendiri adalah tes EKG atau elektrokardiogram, untuk mengetahui aktivitas listrik yang ada pada jantung.
  6. Mata, pemeriksaan mata ini juga sangat penting apalagi di era seperti sekarang ini dimana gadget menjadi salah satu pemicu gangguan penglihatan, seperti diantaranya adalah miopi, kemudian juga ada presbiopi.
  7. Gigi, pemeriksaan bagian ini tak kalah penting, untuk membersihkan plak atau karang yang menempel atau untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul padanya, termasuk diantaranya adalah gigi berlubang.

Pastikan untuk rutin melakukan medical check up di atas, karena kesehatan adalah hal paling penting dan mahal harganya.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *