Latest News

Senin, 16 Oktober 2017

Tips Menajemen Keuangan Pribadi

Memiliki penghasilan yang tidak seberapa tapi ingin mempunyai tabungan sebanyak tabungannya Marc Zuckerbeg. Bisa tidak ya? Bisa saja kalau kamu tahu tips menajemen keuangan pribadi yang satu ini.


Siapa sih, yang tidak ingin menjadi kaya di usia muda? Semua orang ingin tentunya. Tapi semua itu tidak akan terjadi jika kamu masih melakukan kebiasaan buruk seperti menghambur-hamburkan penghasilan sehingga tidak memiliki tabungan atau malah bahkan penghasilan kamu tidak cukup memenuhi kebutuhan bulanananmu.

Jadi bagaimanakah tips menajemen keuangan pribadi? Berikut tipsnya, simak ya!

1. Susun Pengeluaran Tiap Bulan
Salah satu langkah awal dan yang paling sederhana yaitu, menyusun pengeluaran tiap bulan. Memang terlihat mudah, namun sebenarnya menahan pengeluaran bulanan agar tidak membengkak itu cukup menyulitkan, apalagi bagi kamu yang mudah tergoda beli ini dan itu sehingga mengabaikan anggaran yang kamu miliki. Susunlah pengeluaran apa saja yang kamu butuhkan dari yang paling penting hingga sepele. Jika memang tidak dibutuhkan lebih baik jangan membelinya, prioritaskan apa yang paling penting untuk dibeli.

2. Melakukan Investasi Cerdas
Jangan biarkan penghasilan kamu selama satu bulan habis begitu saja hanya untuk foya-foya, namun mulailah untuk berinvestasi secara cerdas untuk menyimpan pendapatan kamu sehingga kamu memiliki tabungan jangka panjang.

3. Mulai Menyusun Rencana Panjang
Meskipun masih berusia 20an jangan takut untuk menyusun rencana kapan kamu akan pensiun atau berhenti bekerja. Untuk itu kamu bisa menyusun segala rencana dan upaya sebelum kamu memutuska untuk berhenti bekerja dan menikmati hasil kerja kerasmu. 

Itulah tips menajemen keuangan sederhana yang bisa kamu coba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us