Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

7 PENYEBAB SAKIT PERUT SEBELAH KIRI YANG GA BOLEH DISEPELEKAN!

Kamis, 03 Maret 2022 | 08.24 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-03T00:24:55Z

Sakit perut umumnya terjadi pada setiap orang dan kondisi tersebut sangat mengganggu. Terkadang saat tubuh kita baik-baik saja, sakit perut bisa datang tiba-tiba. Sakit perut biasanya menyerang pada bagian kiri, kanan, tengah dan bawah. Penyebab sakit perut bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur, asupanan makanan yang tidak sehat dan sebagainya.

Sakit perut sebelah kiri selalu disangkut pautkan dengan masalah bagian organ pencernaan biasanya bagian pada usus. Meskipun sakit pada perut sebelah kiri umum terjadi, akan tetapi kamu tidak boleh menyepelekannya. Bisa saja sakit perut pada bagian kiri itu menandakan ada penyakit serius.


Berikut penyebab sakit perut sebelah kiri:

1. Gastritis

Penyebab pertama sakit perut bagian kiri yaitu gastritis. Gastritis adalah penyakit yang terjadi pada lambung dikarenakan adanya iritasi di lapisan lambung. Penyakit gastritis ini biasanya akan memberikan efek seperti perih pada lambung, mual, kembung serta sensasi terbakar pada kerongkongan.

Gastritis timbul secara tiba-tiba dan kita tidak bisa menebaknya. Biasanya penyakit gastritis ini terjadi akibat sering mengkonsumsi minuman beralkohol, memakan pedas berlebihan, stress dan mengkonsumsi aspirin dalam jangka waktu yang lama.

2. Pankreatitis akut

Penyebab selanjutnya yaitu Pankreatitis akut. Penyakit ini tidak boleh disepelekan karena penyakit ini terjadi akibat adanya peradangan pada pankreas yang ditandai dari sakit perut sebelah kiri. Penyebab Pankreatitis akut ini karena sering mengkonsumsi alcohol, efek samping dari obat, faktor turunan dan sebagainya.

Rasa sakit yang diderita penyakit ini umumnya ditandai sakit pada perut sebelah kiri serta nyeri pada area punggung.

3. Luka lambung

Penyebab selanjutnya yaitu luka lambung. Luka pada lambung umunya terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi pedas, meminum kopi berlebihan, stress, terlalu banyak mengkonsumsi minuman alcohol serta asupan makanan yang menimbulkan gas.

Luka pada lambung akan membuat kamu merasakan sakit pada bagian kiri dan jika parah akan ditandai feses berwarna hitam.

4. Lapar

Dalam kondisi lapar pasti akan membuat perut kamu merasa tidak nyaman. Terkadang menimbulkan sakit perut pada bagian kiri, produksi gas berlebih pada lambung hingga sakit pada ulu hati. Jika kamu sering menahan lapar selain menyebabkan sakit perut pada bagian kiri, juga akan membuat badanmu lemas.

Maka dari itu, atur pola jadwal makanmu serta konsumsi makanan yang sehat dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan penyakit berbahaya pada bagian pencernaan.

5. Penyakit ginjal

Awal mula penyakit ginjal terjadi ditandai dengan sakit perut sebelah kiri. Penyakit ginjal bisa menyebakan seperti batu ginjal, gagal ginjal, neprokatik diabetic dan sebagainya. Selain itu juga penyakit ginjal ini terjadi adanya peradangan pada kantung kemih hingga ke organ ginjal.

Gejala awal selain sakit perut sebelah kiri yaitu merasakan panas saat buang air kecil, hematuria, urin berwarna merah dan sebagainya.

6. Peradangan pankreas

Sakit perut sebelah kiri juga dapat menimbulkan penyakit seperti peradangan pada pankreas. Peradangan pada pankreas juga dapat menimbulkan rasa sakit yang menjalar ke area punggung, mual, muntah, diare hebat dan pada bagian putih mata akan berwarna kuning. Rasa sakit ini bisa muncul ketika sedang makan, minum atau sedang berbaring.

7. Penyakit crohn

Penyebab terakhir yaitu munculnya penyakit crohn. Penyakit crohn ini muncul bisa juga ditandai dengan sakit perut sebelah kiri. Penyakit ini dapat menyebabkan peradangan pada lapisan dinding pencernaa. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit crohn ini bisa mengancam nyawa seseorang yang menderitanya.

Itulah 7 penyebab sakit perut sebelah kiri. Mulai dari sekarang ayo jaga kesehatan dengan makan yang teratur, menerapkan hidup sehat dan rajin berolahraga. Jika gejala sakit perut sebelah kiri muncul jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.


×
Berita Terbaru Update